MAKANAN YANG DI ANJURKAN UNTUK IBU NIFAS

MAKANAN YANG DIANJURKAN DAN DILARANG PADA MASA NIFAS

Nutrisi Bumil – Makanan apa yang dianjurkan dan dilarang pada masa nifas ? Perlu anda ketahui pada saat ibu melahirkan pasti membutuhkan tenaga yang ekstra dan mental yang kuat.Biasanya setelah bunda melahirkan badan terasa lemas dan kurang bertenaga,kondisi tersebut karena kurangnya asupan nutrisi bagi tubuh anda.Ibu melahirkan pasti akan membutuhkan waktu untuk proses pemulihan yang berlangsung kurang lebih 40 hari.Masa nifas atau masa setelah melahirkan harus anda perhatikan terutama kebutuhan akan makanan,nutrisi.Selain itu perubahan hormonal setelah melahirkan juga harus anda hadapi.

Jika anda tidak segera memperhatikan kebugaran tubuh anda maka peran ibu yang akan anda jalankan tentu menjadi sangat melelahkan.Apabila kondisi tersebut tidak segera diatasi bisa menyebabkan Postpartum Depression atau depresi setelah melahirkan.Kondisi tersebut disebabkan karena bunda belum bisa adaptasi keadaan setelah melahirkan.Maka hal itu bisa diatasi dengan makanan yang dikonsumsi.Ingat makanan bisa mempercepat proses pemulihan dan juga meningkatkan kualitas ASI.Namun tidak semua makanan dianjurkan untuk masa nifas namun ada juga makanan yang dilarang dikonsumsi pada masa nifas.Untuk itu mari kita perhatikan ulasan berikut.

MAKANAN YANG DIANJURKAN DAN DILARANG PADA MASA NIFAS


MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI PADA MASA NIFAS

1.Protein biasanya banyak terkandung dalam kedelai,susu,ikan dll yang sangat bermanfaat bagi pekembangan otak.Demi meningkatkan protein dalam tubuh cobalah untuk makan orak-arik telur,untuk makan siang bisa mengkonsumsi daging sapi,sedangkan untuk cemilan dapat konsumsi keju,biskuit dan yogurt.

2.Suplemen omega 3 dan minyak omega 3 makanan yang banyak mengandung minyak omega 3 seperti kenari ,salmon.Minyak ini dapat membantu menangan depresi dan meningkatkan fungsi otak.Sedangkan suplemen omega 3 terdapat dalam makanan yang berbahan dasar sari minyak asli dan alami yang baik untuk ibu menyusui.

3.Minumlah susu khusus untuk mempercepat kondisi tubuh anda cepat kembali sehat dan bugar.

4.Konsumsilah buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk.Wanita yang baru melahirkan sangat membutuhkan banyak vitamin C.

5.Konsumsilah sereal gandum untuk menambah energi setiap harinya saat anda akan melewatkan waktu yang melelahkan merawat bayi anda.

6.Konsumsilah sayuran hijau seperti bayam ,brokoli,buncis dan sayuran hijau lainnya yang mengandung zat besi yang kaya anti oksidan.

7.Batasilah konsumsi kafein minumlah 1 cangkir kopi setiap paginya untuk membantu menaikan semangat anda berkatifitas.

8.Perbanyaklah minum air putih 8 gelas setiap hari untuk menghindari tubuh anda terkena dihidrasi.



MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI PADA MASA NIFAS

1.Ibu setelah melahirkan pantang makan telur karena akan mempersulit dalam pemyembuhan luka dan pantang makan daging tertentu karena akan menyebabkan pendarahan banyak.Jika anda alergi dengan telur gantilah dengan tempe maupun tahu.

2.Ikan seperti ikan munjair,ikan belanak,udang,ikan basah karena dianggap akan menyebabkan perut menjadi sakit.

3.Tidak boleh makan jenis makanan licin seperti daun talas,daun genjer,kangkung dan seraung.Makanan pedas juga tidak boleh dimakan karena dianggap mengakibatkan kemaluan menjadi licin.

4.Makanan pantangan sepert kue apem,roti,makanan yang mengandung cuka, dan makanan yang ditusuk seperti sate.Makanan tersebut dianggap akan membuat perut menjadi buncit.

5.Buah-buahan seperti durian ,nangka,duku,walur,ubi talas,kentang dianggap menjadikan perut menjadi gendut.

6.Hindari makanan yang berserat seperti sayur dan buah-buahan yang berserat hanya akan meperpanjang masa diare.Makanan berserat hanya baik bagi anda yang susah buang air besar.

Demikianlah makanan yang diajurkan dan dilarang pada masa nifas.Pada masa nifas memang harus benar-benar memperhatikan makanan karena akan berpengaruh pada kesehatan dan kebugaran anda.Mengingat merawat bayi perlu tenaga yang ekstra anda harus memperhatikan nutrisi dan vitamin dalam tubuh serta untuk meingkatkan kualitas ASI anda.Semoga bermanfaat.Terima kasih

Read Users' Comments (0)

0 Response to "MAKANAN YANG DI ANJURKAN UNTUK IBU NIFAS"