Ciri-ciri otot jantung

Ciri-ciri Otot Jantung. Jantung adalah organ berotot yang memiliki empat ruang, yang masing-masing memainkan peran penting dalam memompa darah dan beredar ke seluruh tubuh. Hampir semua dari kita menyadari tentang mekanisme kerja jantung manusia dan pentingnya dalam kesejahteraan individu. Tapi, sayangnya, tidak banyak dari kita mengetahui karakteristik otot jantung. Dalam tubuh manusia, ada tiga jenis otot, dimana otot jantung adalah salah satunya.
Ciri Karakteristik Jaringan Otot Jantung
Ciri-ciri Otot Jantung
Otot jantung hadir di dinding pelindung jantung, terutama terkonsentrasi di bagian miokardium. Mempertahankan kekuatan optimal dari otot sangat penting untuk fungsi normal dari jantung. Hal ini membutuhkan suplai oksigen yang cukup, kegagalan yang menyebabkan gangguan atau bahkan kematian sel-sel otot. Setiap kelainan pada struktur otot jantung membawa kondisi medis, yang dapat ringan sampai parah. Untuk pemahaman yang lebih baik dari otot jantung, mengacu pada poin-poin berikut:
Sel-sel dari Otot Jantung
Sel-sel yang membentuk otot jantung secara kolektif disebut sebagai kardiomiosit. Mereka berisi beberapa jumlah mitokondria, yang memungkinkan respirasi aerobik berlangsung terus-menerus. Sel-sel cabang secara acak dan dipintal dengan satu sama lain, sehingga menyerupai mesh. Ini memberikan kekuatan pada dinding jantung untuk menahan tekanan yang meningkat, sasaran selama berulang memompa darah.
Keunikan Otot Jantung
Sifat unik dari otot jantung terletak pada kenyataan bahwa itu hadir hanya dalam jantung, bukan di bagian lain dari tubuh. Hal ini disengaja dalam fungsi, yaitu fungsi otot jantung dikendalikan tanpa sadar. Karakteristik otot jantung yang unik adalah kehadiran sel-sel bercabang. Sel-sel ini terhubung melalui cakram yang terinterkalasi.
Sel Otot Jantung pacu
Selain kardiomiosit dari otot jantung, ada beberapa sel-sel khusus, yang disebut sel-sel alat pacu jantung. Mereka bertanggung jawab untuk memulai dan mengendalikan detak jantung. Secara fungsional, sel-sel alat pacu jantung mengatur impuls listrik jantung, sehingga memainkan peran langsung dalam menjaga denyut jantung.
Fitur Otot Jantung
Otot jantung berbagi beberapa fitur dengan sisa dua otot, yaitu tipe halus dan jenis kerangka. Ia menyerupai jenis tulang dengan mengacu pada sel-sel multinukleat dan penampilan bergaris. Sejauh kesamaan dengan otot polos yang bersangkutan, kedua jenis otot jantung dan halus menanggung inti di tengah.
Fungsi Otot Jantung
Salah satu karakteristik yang layak disebutkan adalah koordinasi yang sempurna dari sel selama kontraksi dan detak jantung. Fungsi utama otot jantung adalah memompa darah ke pembuluh darah untuk sirkulasi ke seluruh tubuh. Untuk tujuan ini, otot jantung menerima oksigen dan nutrisi melalui arteri koroner.
Kontraksi Otot Jantung
Apa yang begitu istimewa tentang otot jantung adalah kontraksi. Sel-sel miokard bertanggung jawab untuk kontraksi dinding jantung, yang sangat penting untuk memompa darah dari ventrikel. Komunikasi dari kardiomiosit untuk kontraksi dilakukan dengan cara cakram yang terinterkalasi yang diatur dengan baik di antara sel-sel.
Seperti yang Anda lihat, karakteristik otot jantung yang khas, dibandingkan dengan jenis otot lain. Tepatnya berbicara, fitur-fiturnya adalah perantara untuk otot rangka dan halus. Ketika Anda mengamati otot jantung di bawah mikroskop yang canggih, sel-sel akan muncul lurik. Hal ini karena dari filamen protein diatur dengan cara tertentu. Hal ini menemukan bahwa sel-sel otot jantung memiliki tingkat yang sangat rendah dari regenerasi. Saat ini, studi penelitian lebih lanjut sedang berlangsung untuk mengetahui kemampuan regenerasi otot jantung.

otot jantung

OTOT JANTUNG

    Otot jantung tersusun dari sel-sel otot yang mirip dengan otot lurik namun otot jantung mempunyai percabangan. Sel-sel otot jantung mempunyai banyak inti dan terletak di tengah serabut.
Otot jantung bekerja secara teratur, tidak cepat dan tidak mengikuti kehendak kita.

    Otot jantung merupakan otot yang mempunyai keistemawaan yaitu bentuknya lurik tetapi bekerja seperti otot polos yaitu di luar kesadaran atau di luar perintah otak.
Kerja ototo ini dipengaruhi oleh saraf autonom. Otot jantung membentuk dinding jantung sehingga jantung bekerja seumur hidup manusia. Kerja otot jantung tidak dipenaruhi kehendak kita.
   Otot jantung merupakan otot yang mempunyai keistemawaan yaitu bentuknya lurik tetapi bekerja seperti otot polos yaitu di luar kesadaran atau di luar perintah otak.Jadi seperti mengambil sifat2 terbaik dari ke2 jenis tersebut,namun membuang kejelekannya..

otot jantung memiliki sifat2 otot lurik :
1. berlurik
2.banyak inti
3.struktur hampir sama
4. kontraksi cepat dan kuat (mekanisme mirip otot lurik)
5.dll

terdapat juga sifat2 otot polos..
1.kerja tidak sadar
2.stamina besar
3. memiliki gap junction
4.dipengaruhi persarafan otonom
5.dll

 Otot jantung bersifat lurik dan invalunter berkontraksi secara ritmis dan automatis. Mereka hanya terdapat pada miokard (lapisan otot pada jamtung) dan pada pembuluh darah yang besar yang secara langsung berhubungan dengan jantung. Pada daerah khusus yang disebut diskus interkalaris. Setiap sel mempunyai panjang sekitar 1x00micrometer dan panjang 15 micrometer, ujungnya terbelah dua yang terletak pada sel yang berdekatan. Serat otot jantung dibungkus suatu sarkolema tipis mirip yang terdapat pada otot rangka, dan sarkoplasma yang penuh mitokondria. Miofibril-miofibril terpisah oleh deretan mitokondria yang mengakibatkan gambaran gurat-gurat memanjang yang nyata. Gambaran lurik melintang pada miofibril, dengan guarat-gurat A,1,2,N dan M sebagaimana pada otot rangka juga nyata tetapi guratnya tidak sejelas terdapat pada otot rangka . Intinya lonjong panjang dan terdapat di tengah serat diantara miofibril-miofibril yang divergen. Sekitar inti terdapat daerah sarkoplasma berbentuk gelandong dengan banyak mitokondria.
Struktur Halus
   Miofilamen yang mengandung aktin dan myosin terdapat pada rangka dan memperlihatkan susunan yang sama. Walaupun tidak banyak, miofilamen hanya terbatas pada sel-sel otot itu sendiri dan tidak mengalami batas sel. Pengelompokan miofilamen menjadi miofibril tidak sempurna seperti pada otot rangka dan potongan melintang memperlihatkan miofibril-miofibril yang dikelilingi oleh sarkoplasma dan RE. Diskus interkalaris merupakan batas sel yang khusus pada garis-garis. Bila dua sel dapat dipisahkan pada diskus ini, maka permukaan sel yang berhadapan akan memperlihatkan gambaran yang kompleks berupa papilla dan tonjolan-tonjolan.
Kontraksi
   Sejak permulaan kehidupan embrional, terjadi kontraksi miogenik spontan pada sel-sel otot jantung. Di beberapa bagian jantung dewasa, sel-sel otot jantung mengalami modifikasi dan membentuk sistem hantar rangsang yangmengandung denyut jantung. Rambatan rangsang terjadi dari sel otot jantung ke sel lain melalui nucleus. Sel-sel miokard atrium berbeda dari sel miokard ventrikel. Sel atrium lebih kecil dengan sistem T yang kurang berkembang.
Regenerasi
   Otot jantung lebihtahan terhadap trauma bila dibandingkan dengan otot jenis lainnya, tetapi hampir tidak ada tanda regenerasi setelah terjadinya suatu cedera. Otot jantung yang rusak diperbaiki dengan meninggalkan suatu jaringan parut. 

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Ciri-ciri otot jantung"