kasus gangguan psikologi masa nifas

KASUS GANGGUAN PSIKOLOGI MASA NIFAS

Disuatu daerah terdapat seorang ibu hamil bernama Risa dengan usia kehamilannya 35 minggu 6 hari, ibu Risa ini adalah seorang dokter sukses. Dia memiliki keluarga yang mendukung, ekonomi dalam rumah tangganya pun mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Ibu Risa ingin memiliki anak dan memulai kehidupan barunya sebagai seorang ibu. Pada usia kehamilan 36 minggu 6 hari ibu Risa pun melahirkan seorang anak dengan keadaan tidak normal, yaitu cacat Down Syndrom yang baru diketahui setelah melahirkan.
Akan tetapi ibunya ibu Risa menyadari ada sesuatu yang tidak beres dengan putrinya. Ibu Risa, seperti tidak mau menerima keberadaan bayinya. Ibu Risa meyakinkan dirinya bahwa bayinya seharusnya lahir dengan keadaan atau kondisi yang normal karena dia adalah seorang tenaga kesehatan yang seharusnya tahu bagaimana cara merawat kehamilannya.
Ibu Risa mengalami masalah psikis atau mental yaitu tekanan yang mendalam pada kenyataannya bahwa dia adalah seorang dokter yang lalai menerapkan ilmu kesehatan. Ibu Risa sangat depresi, malu, dan tidak percaya diri lagi karena pernyataan orang-orang disekitarnya yang menganggap dia adalah seorang dokter yang tidak professional. Risa masih tidak dapat menerima kondisi anaknya. Ketika anaknya berumur satu bulan, depresi Ibu Risa menjadi begitu parah sehingga ia berhenti makan dan minum dan tidak bisa lagi menelan.

Dia mulai memiliki pikiran paranoid tentang orang lain. dia berpikir bahwa tetangganya di seberang jalan semua membicarakannya karena mereka pikir dia adalah ibu yang buruk. Dia menjadi kurus dan merasa ingin berhenti dari pekerjaannya sebagai seorang dokter. Lalu, ia mulai mencari cara untuk mengakhiri hidupnya. Ibu Risa dirawat di rumah sakit tiga kali dalam tujuh minggu. Dia diberi empat kombinasi anti-psikotik, anti-kecemasan, dan obat anti-depresan. Namun keluarganya sudah dapat menerima kondisi anak Ibu Risa, walaupun Ibu Risa sebagai ibunya sendiri belum dapat menerima kondisi anaknya.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "kasus gangguan psikologi masa nifas"